Rabu, 02 September 2009

Tips and Trick Emulator ps2 (PCSX2)

Emulator playstation 2 sudah mencapai tahap yang menggembirakan bagi para pemilik pc dengan spesifikasi lumayan.

Saat ini emulator ps2 yang terbaik dan sering saya mainkan adalah pcsx2. Hampir game game penasaran yang dulu saya lewatkan sudah dapat di mainkan lagi di pc. grafis nya jauh lebih baik darii pada ps2 sendiri. berikut ada trik trik yang dapat anda pergunakan agar dapat menggunakan emulator ini cukup nyaman

Spesifikasi komputer saya tidak high end, bahkan dibilang middle end saja sudah hampir tidak masuk kategory lagi. hehehe

Processor : dual core 2.2 giga (e.2200)
Memory : 1 giga
OS : xp
VGA : gf 8600gt

yang perlu di perhatikan adalah :


1. Processor speed anda

Ada beberapa artikel di tomshardware tentang berapa speed processor anda yang optimal agar sebuah vga card bekerja maximal. Ternyata apapun vga card anda ( middle end keatas) akan bekerja optimal bila menggunakan kecepatan diatas 2.6 ghz atau 2.8 ghz per single core.

Fakta menarik ini akan menjadi acuan dalam kecepata emulator anda. Anda tidak harus memiliki sebuah processor core to duo extreme edition dengan 8 mb l2 cache, atau quad core dengan harga selangit. Test di toms hardware ( saya lupa link nya) menyimpulkan agar kerja vga card optimal, tidak perlu 4 inti core yang bekerja, cukup dual core saja dengan salah satu core di atas 2.6 ghz, dan tidak berpengaruh signifikan terhadap besar l2 cache

Hal ini dapat anda buktikan bila anda sudah menggunakan pcsx2 versi beta terakhir dan anda lihat load processor, maka di dapatkan hanya satu buah core yang bekerja secara maximal.

Ketika saya menggunakan clock processor 2.2 dengan setingan apapun saya main teken 4 atau 5 gerakannya pelan sekali sekitar 40 sd 45 frame per second. Namun ketika saya overclock menjadi 2.7 gigahz, maka semuanya running smooth. Cukup sampai 2.6 saja dg vga over clock sedikit juga menghasilkan hasil yang sama.

Bila anda berencana membeli dual core yang baru, maka stock yang sekarang pilih type e5500 2.6 ghz dengan L2 cache 2 mega. Sudah cukup, tidak perlu beli yang core to duo ( harganya beda 700rb, mending buat beli vga card)


2. VGA CARD

Seperti halnya rekomendasi minimum pcsx2 maka vga untuk gforce pergunakan 8600gt, atau 9500gt. Ini udah minimal buanget kalau budget anda hanya sekitar 500rb atau 600rb.
Untuk ATI pilih HD4650 atau HD 4670. kalau ada rezeki lebih, cari yang sekitar 1 jt an keatas.

Tapi ingat saya sendiri makai 8600 gt ok aja tuh...

Ingat jangan pakai gf 8500 bahkan 8400( sekarang di pasaran masih banyaktuh.


3. Download versi pcsx2 terakhir

Jangan takut menggunakan pcsx2 yang versi beta, download saja dan extract ke folder yang sama, tapi jangan rename file exe nya, biarkan saja, jadi kalau tidak jalan bisa menggunakan exe yang lama.


4. Configurasi Setingan apa saja

jangan takut untuk mencoba configurasi, seperti speed hack atau apapun itu, baca saja bila ada keterangan untuk menambahkan speed.


5. Jadikan game ke file ISO dulu

Untuk mempercepat proses, dan umur dvd rom kita, maka saya sarankan semua game yang sering kita mainkan kita jadikan file image iso saja dulu, paling 2 giga an. Saya sendiri menggunakan nero burning room untuk imaging ke iso nya.

Semoga ngegame emulator ps 2 semakin menyenangkan bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar