Jumat, 27 Maret 2009

4 HARI MENJADI JAGO 3D MAX (2)

HARI 1 MENJADI MASTER 3D MAX

Tampilan dasar


Keterangan berdasarkan urutan jarum jam dari arah jam 12 :
- Menu navigasi, move, rotate, scale ( untuk memindahkan, memutar, mengecilkan)
- Menu object, semua object yang disediakan, beserta properties, ukuran warna dsb.
- (pojok kiri bawah) fasilitas zoom, dan cara cara tuk melihat gambar
- Posisi object
- Slide animasi


Menu zoom dan view


  • Dipergunakan untuk zoom, 1 tampilan atau kesemua tampilan, zoom all atau pun fit on screen
  • Sebelum melakukan zoom jangan lupa aktifkan view dengan di tandai kotak aktif berwarna kuning
  • Apa bila view port sudah tidak sesuai default dan ingin di kembalikan seperti awal lakukan sbb: Klick kanan pada salah satu icon menu zoom dan view diatas, akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu pilih tab layout dan klick kanan pada salah satu view dan pilih : top, front, left dan perspectif


  • Untuk melihat 1 vew secara full screen, pilih icon paling kanan ( min / max toogle), dan pilih sekali lagi untuk melihat 4 view lagi


Create Object


  • Pilih Box, arahkan ke salah satu view klik dan tahan, arahkan ke titik lain lalu lepas, dan arahkan mouse untuk tinggi object dan klik sekali lagi.
  • Untuk atribut object seperti warna, ukuran presisi dll pergunakan tab modify, dengan terlebih dahulu memilih objectnya
  • Untuk object lebih kompleks, ganti standard primitif dropdown menu menjadi extended primitive

Modify copy dan rotate


  • Untuk memilih dan memindahkan object, pilih icon + diatas, pilih object yang di tuju, maka akan muncul 2 axis, arahkan ke salah satu garis axis yang di tuju, lalu klik dan derek
  • Untuk rotasi sama halnya dengan memilih dan memindahkan object
  • Untuk melakukan copy: pilih icon select and move, lalu pilih object, sambil menekan tombol shift pada keyboard geser object tersebut. Lalu akan muncul popup menu pilih copy atau clone dan tekan ok

Rendering dasar


  • Aktifkan view yang bersangkutan, misal view perspective
  • Pilih menu rendering dan pilih render, atau tekan tombol f10 pada keyboard, setelah popup pilih tombol render paling bawah, atau geser menu diatas hingga terlihat gambar teko

Latihan

Membuat object standard adalah kunci dari membuat object yang dapat di buat manusia, misalkan sebuah rumah. Rumah dapat dibuat dari object primitive, seperti box, cylinder dan sphere

Selamat berlatih...

1 komentar:

  1. ini tutorial khususon buat pemula apa advance apa dummy...apa mix..klo bisa dipdf-in biar unduhnya gampang..

    BalasHapus